nama

Jumat, 16 Desember 2011

RPP Praktikum asam basa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Kimia
Materi                          :Asam-basa
Kelas                           : XI/II
Alokasi Waktu            : 1 X 20 menit
Standar Kompetensi     : 4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapanya
Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
 Indikator                    : Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
       I.            TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Aspek kognitif
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :
·         Membedakan larutan asam, basa, dan netral.
b.      Aspek afektif
Aspek yang dikembangkan diantaranya :
·         Kemampuan menanggapi permasalaha yang diajukan guru.
·         Kemampuan bertanya dan menyusun pertanyaan.
·         Kemampuan menjawab pertanyaan yang diajkan oleh guru.
·         Kemampuan menghargai pendapat orang lain.
·         Kemampuan bekerjasama dengan orang lain.
·         Bertanggung jawab.
c.       Aspek psikomotorik
·         Cara memipet larutan
·         Cara meneteskan larutan pada plat tetes

    II.            MATERI PELAJARAN
A.    Materi Prasyarat :
Larutan
B.     Materi yang dikembangkan :
Larutan asam dan basa
 III.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         Metode            : Peraktikum, ceramah dan tanya jawab
·         Model              : Induktif
·         Pendekatan     : Keterampilan proses
 IV.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Tahapan kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Kegiatan awal



·         Guru mengucapkan salam dan mengabsen siswa.
·         Apresiasi :guru mengingatkan kembali tentang konsep larutan.
·         Motivasi :
-          mengapa larutan ada yang terasa masam dan pahit?
-          Mengapa agu gosok bias digunakan untuk mencuci piring? bagaimana sifat abu gosok tersebut?

5 Menit
Kegiatan inti
·         Guru membagi siswa menjadi dua kelompok
·         Siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang dibagikan oleh guru
·         Guru membagikan LKS eksperimen kepada setiap kelompok.
·         Siswa mempelajari LKS eksperimen yang telah dibagikan oleh guru.
·         Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum.
·         Guru menjelaskan judul, tujuan dan prosedur kerja praktikum.
·         Siswa melakukan praktikum dengan teman sekelompoknya.
·         Guru menyuruh salah seorang perwakilan dari siswa untuk menuliskan data pengamatanya di depan kelas.
·         Guru dan siswa membahas data hasil pengamatan.
·         Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
10 Menit
Kegiatan akhir
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·         Guru menugaskan siswa ntuk membuat laporan hasil praktikum
·         Siswa diberi lembar kerja siswa untuk dikerjakan dirumah dan diberi tugas membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·         Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
·         Guru mengucapkan salam
5 Menit

    V.            MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·         Alat dan Bahan untuk praktikum :
Alat : Pipet tetes, plat tetes
Bahan : Lartan garam, air jeruk, air sabun, lakmus merah, dan lakmus biru atau indikator universal

·         Sumber Pembelajaran :
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
 VI.            PENILAIAN
·         Jenis tagihan : Tugas individu dan kelompok
·         Bentuk Instrumen : Laporan hasil praktikum, lembar kerja siswa.
Format Penilaian Kognitif
No
Butir Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.

Jelaskan sifat-sifat umum yang dimiliki oleh larutan yang berifat asam, dan basa?
Asam :
Ø  Setiap senyawa mengandung hydrogen
Ø  Larutan dalam air dapat menghantarkan listrik
Ø  Larutan dapat memerahkan lakmus biru
Ø  Larutan dalam air berasa masam
Basa :
Ø  Larutan dalam air dapat menghantarkan listrik
Ø  Larutanya dalam air membirukan lakmus merah
Ø  Larutanya dalam air berasa pahit
Ø  Terasa licin contohnya sabun
0-10
2.
Berikan lima contoh larutan yang mempunyai sifat asam dan sifat basa?

Asam : asam cuka, asam sitrun, asam jawa, asam belimbing, asam lambung
Basa : kapur sirih, kaustik soda, air sabun, air abu,air, air detergen
0-10
3.













Suat indikator menghasilkan warna biru dalam air kapur dan warna kuning dalam asam cuka. Bagaimanakah warna indikator dalam air jeruk dan sabun?
Air jeruk : indikator berwarna kuning
Asam cuka dan jeruk memiliki sifat yang sama yaitu bersifat asam.
Air sabun : indikator berwarna biru
Air kapur dan air sabun memiliki sifat yang sama yaitu sama-sama bersifat paihit dan hal tersebut menunjukan bahwa keduanya bersifat basa.
0-15

Nilai Total
35

            Nilai =  x 100
           

Format Penilaian Afektif   
No
Aspek afektif yang dinilai
Skor
1
2
3
4
5
1.
Kemampuan menanggapi permasalahan yang diajukan guru





2.
Kemampuan bertanya dan menyusun pertanyaan





3.
Kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan guru





4.
Kemampuan menghargai pendapat orang lain





5.
Kemampuan bekerjasama dengan orang lain





6.
Bertanggung jawab






Skor maksimal = 30
Keterangan : 21-30 = baik sekali (A);  11-20 = baik(B);  1-10 = kurang (C)

Format Penilaian Psikomotor
No
Nama
Aspek yang di nilai
Memipet larutan kedalam pipet tetes
Meneteskan larutan pada plat tetes
Ya
Tidak
Ya
Tidak


















Keterangan :
Skor maksimal = 2
Penilaian dilakukan selama kegiatan praktikum pada perwakilan siswa,  dengan skor tiap aspek :
Ya       = 1
Tidak   = 0
Nilai :
2          : Baik
1          : Cukup                      
0          : Kurang

Mengetahui,
Dosen Pembimbing



Dra. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd
NIP. 196112181786022001

Bandung, 15 Desember 2011
Guru Praktikan



Andri Setiawan
               NIM. 1209208009






Tidak ada komentar:

Posting Komentar